Travel Tips and Guide

Jangan Bawa Lemari Saat Traveling!

by May 31, 2018

Banyak orang yang merasa kesulitan memilih dan memilah barang yang harus mereka bawa ketika mereka traveling, khususnya kaum hawa. Seorang teman yang saya temui di Bandung dalam suatu acara, membawa sebuah kopor kecil dan gemuk, ‘kopor saya masih muat banyak, jadi saya isi aja lagi sampai penuh.’ Itulah yang dia katakan saat saya tanya kenapa harus sampai membawa kopor untuk perjalanan yang hanya 3 hari 2 malam. Kenyataannya ia merasa cukup kesulitan dengan barang bawaannya sendiri. Kamu tentu tidak ingin mengalami hal seperti ini bukan? Merasa repot dengan barang bawaan yang sebenarnya sangat tidak penting untuk dibawa saat traveling. 
Inilah enam tips untuk membantu kamu packing barang-barang kamu saat traveling:

1. Buatlah list barang bawaan

Buatlah daftar barang bawaan kamu- unsplash . com

Buatlah daftar barang bawaan kamu- unsplash . com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menulis daftar barang yang akan kamu bawa. Tulislah hingga selesai, kemudian baca kembali dan evaluasi, lalu hapus barang-barang yang tidak atau kurang penting dari daftar. Ulangi langkah baca, evaluasi dan coret beberapa kali, hingga kamu menemukan daftar paling ideal.
Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membuat daftar, seperti meminimalisir kemungkinan barang tertinggal. Daftar ini juga bisa kamu gunakan saat hendak pulang sebagai final check untuk barang-barang kamu.

2. Pilihlah pakaian berdasarkan kegiatan apa yang akan kamu lakukan

Pilihlah pakaian sesuai dengan aktivitas - pexels . com

Pilihlah pakaian sesuai dengan aktivitas - pexels . com

Kamu tentu sudah memiliki rencana kegiatan yang akan kamu lakukan selama berlibur. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan rencana kegiatan, dan jangan bawa pakaian yang tidak akan kamu gunakan, seperti gaun untuk makan malam romantis bersama pasangan, yang sama sekali tidak akan kamu lakukan. Jika kamu lebih banyak melakukan kegiatan outdoor, usahakan untuk memilih pakaian yang mudah menyerap keringat dan ringan, apalagi jika kamu traveling ke negara tropis. Jangan lupa untuk membawa topi dan sun screen sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari.

3. Hindari jeans

Hindari jeans ya - Pexels . com

Hindari jeans ya - Pexels . com

Jeans memang cocok dipadukan dengan berbagai macam atasan, namun jeans juga memakan cukup banyak tempat di dalam tas, atau kopor. Selain itu jeans juga cukup berat, bertambah berat ketika basah dan memakan waktu untuk bisa benar-benar kering. Dari pada membawa jeans, kamu bisa menggunakan celana berbahan kain ringan dengan warna netral yang cocok untuk berbagai macam atasan. Kamu juga bisa membawa dress dengan warna lembut yang membuat penampilan kamu tetap keren saat traveling. 

4. Sepatu dan sendal yang nyaman

Pilihlah sepatu yang nyaman - Pexels . com

Pilihlah sepatu yang nyaman - Pexels . com

Traveling terkadang membuat kamu lebih banyak berjalan dari pada biasanya. Usahakan menggunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan, dengan ukuran yang pas dan cukup lentur. Jangan lupa menggunakan kaus kaki untuk menghindari lecet karena gesekan antara kaki dan sepatu. Selain sepatu, kamu juga wajib membawa sendal jepit. Sandal jepit  bisa kamu gunakan untuk berkeliling di sekitar hotel atau sekedar untuk mencari makan.

5. 2 in 1

2 in 1 - Pexels . com

2 in 1 - Pexels . com

Membawa produk 2 in 1 saat traveling adalah solusi yang tepat, seperti sampo dan conditioner 2 in 1, atau moisturizer untuk seluruh tubuh dan wajah. Membawa serangkaian skin care adalah hal yang merepotkan dan memakan banyak tempat. Dengan membawa produk 2 in 1 atau all in one, kamu dapat menghemat tempat dan mengurangi beban yang kamu bawa.

6. Jaket

jangan lupa bawa jaket ya - Pexels . com

jangan lupa bawa jaket ya - Pexels . com

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa traveling ke negara tropis sama dengan tidak membawa jaket dan pakaian hangat, itu adalah sebuah kesalahan. Mungkin kamu tidak akan memerlukan pakaian hangat saat berjalan-jalan dan wisata, namun kamu akan memerlukannya di perjalanan. Menjaga dirimu tetap hangat ketika berada di bis, kereta atau pesawat yang full AC adalah keharusan. Apalagi setelah liburan panjang yang melelahkan, tubuh kamu tentu lebih rentan terhadap penyakit. Bagaimanapun perjalanan malam, dan lama dalam kendaraan full AC tidaklah terlalu baik untuk kesehatanmu.
 
 


LIKE US ON FACEBOOK

FIND US ON INSTAGRAM