Go and Stay

Taman Nasional Baluran: Tanah Jawa Rasa Afrika

by November 12, 2018

Happy peeps senang menonton discovery channel atau national geographic tentang kehidupan hewan-hewan liar di alamnya? Berangan-angan ingin liburan seru penuh petualangan di Afrika? 
Untuk happy peeps yang ingin melihat hewan-hewan liar hidup di habitatnya layaknya di Afrika, happy peeps tidak perlu jauh-jauh lho, cukup ke Taman Nasional Baluran yang ada di Jawa Timur saja. Taman nasional yang satu ini dijuluki sebagai the little Africa, dan Africa van Java, karena memiliki savana yang mirip sekali dengan savana atau padang rumput yang ada di Afrika. Bukan hanya padang rumput, Taman Nasional Baluran juga ditempati berbagai macam hewan liar, salah satunya adalah rusa.

How to get there

Taman Nasional Baluran - yukpigi . com

Taman Nasional Baluran - yukpigi . com

Untuk sampai ke sini, happy peeps dapat menggunakan pesawat, bus, atau kereta. Jika ingin menggunakan bus dari Jakarta, happy peeps dapat menggunakan bus jurusan Jakarta-Banyuwangi via Situbondo. Happy peeps bisa turun di pintu masuk Taman Nasional Baluran, namun bus Jakarta-Banyuwangi lebih banyak melewati jalur via Jember. Happy peeps bisa turun di terminal Probolinggo, dan meneruskan perjalanan dengan bus Banyuwangi via Situbondo.  
Untuk happy peeps yang ingin menggunakan kereta, happy peeps bisa menggunakan kereta hingga stasiun Surabaya Gubeng. Setelah itu, happy peeps harus meneruskan perjalanan menggunakan kereta ke jurusan Banyuwangi, lalu dilanjutkan dengan bus Banyuwangi via Situbondo. 
Jika kereta dan bus menghabiskan terlalu banyak waktu, maka pesawat adalah pilihan paling tepat. Happy peeps bisa menggunakan pesawat Jakarta-Surabaya, kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan bus Damri jurusan Juanda-Bungurasih. Dari terminal Bungurasih, happy peeps bisa menggunakan bus ke Banyuwangi via Situbondo.

 Best time to go

Taman Nasional Baluran - klikhotel . com

Taman Nasional Baluran - klikhotel . com

Waktu terbaik menikmati Taman Nasional Baluran, adalah sepanjang tahun, karena taman ini menyajikan pemandangan berbeda di setiap musimnya. Di saat musim kemarau, savana di Taman Nasional Baluran akan mengering, dan rerumputan akan berubah warna menjadi kecoklatan. Saat itu, happy peeps bisa merasakan sensasi ‘Afrika’ yang biasanya hanya dapat happy peeps lihat di TV. Sebaliknya, pada musim penghujan, savana akan berubah warna kehijauan yang terlihat sangat segar di mata.

 Cost

Taman Nasional Baluran - ksmtour . com

Taman Nasional Baluran - ksmtour . com

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran cukup terjangkau untuk happy peeps para wisatawan lokal. Pada hari Senin-Jumat harga tiket masuk yang harus dibayarkan adalah 15.000, sedangkan di hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional, harga tiket masuk adalah 17.500. Berbeda dari wisatwan lokal, wisatawan mancanegara harus membayar 150.000 di hari Senin-Jumat dan 225.000 di hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. 
Untuk happy peeps yang datang menggunakan kendaraan pribadi, happy peeps akan dikenakan biaya parkir yaitu 5000 untuk kendaraan roda dua, 10.000 untuk kendaraan roda empat dan 50.000 untuk bus.

 What to do

Taman Nasional Baluran - wisatatourbanyuwangi . wordpress . com

Taman Nasional Baluran - wisatatourbanyuwangi . wordpress . com

Sama seperti julukannya Africa van Java, Taman Nasional Baluran adalah habitat bagi berbagai hewan yang hidup bebas dan liar. Karenanya, menonton hewan-hewan ini adalah hal paling menyenangkan untuk dilakukan di taman nasional ini, selain hunting foto. Beberapa hewan yang hidup di taman nasional ini adalah Rusa, Banteng, Kerbau, Monyet Ekor Panjang, dan Burung Merak. Taman nasional yang memiliki luas 25.000 hektar ini dibagi ke dalam beberapa bagian yaitu:
•    Hutan Musim
Hutan Musim adalah kawasan terdepan dari Taman Nasional Baluran. Sesuai dengan namanya, hutan ini berubah sesuai musim. Warna hijau yang segar akan happy peeps dapati di sini saat musim penghujan. Sebaliknya, hutan ini berubah warna menjadi kecoklatan dikarenakan kekeringan saat musim kemarau. Tapi kapanpun happy peeps datang, Hutan Musim akan selalu cantik.
•    Hutan Evergreen
Evergreen benar-benar nama yang pas untuk hutan ini, karena hutan ini selalu hijau, baik di musim penghujan maupun di musim kemarau. Di dekat hutan terdapat sungai yang menghidupi hutan sepanjang tahun, sehingga hutan tidak pernah kekeringan. 
•    Savana (Padang Rumput) Bekol
Savana di Taman Nasional Baluran memiliki luas mencapai 10.000 hektar, atau sekitar satu per tiga dari luas keseluruhan Taman Nasional Baluran. Maka tidak berlebihan jika savana ini dikatakan sebagai surganya Taman Nasional Baluran. Sejauh mata memandang, happy peeps akan disajikan pemandangan indah dari Gunung Baluran, savana, dan hewan-hewan liar yang berkeliaran. Jangan lewatkan juga melihat pemandangan dari menara pandang yang ketinggiannya mencapai 30 meter. Dari atas menara, happy peeps dapat melihat pemandangan yang jauh dan sulit dijangkau. 
•    Pantai Bama
Eksotisme pantai Bama memang tidak perlu diragukan lagi dan tidak kalah indahnya dari pantai-pantai lain di kawasan Jawa Timur. Pantai ini seolah membuat Taman Nasional Baluran semakin lengkap. Terletak sekitar 3 kilometer dari savana Bekol, happy peeps dapat sampai ke sini dengan mengikuti jalur yang sudah tersedia. Pantai Bama masih sangat asri, dengan air yang jernih, dan hutan mangrove. Di sekitar pantai berpasir putih ini disediakan beberapa penginapan dan resort dengan harga yang cukup terjangkau, jika happy peeps ingin menghabiskan malam di tepi pantai.

Tips

Taman Nasional Baluran - insangku . blogspot . com

Taman Nasional Baluran - insangku . blogspot . com

Wilayah yang sangat luas membuat Taman Nasional Baluran sangat sulit dikelilingi dengan jalan kaki. Cara terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi, namun untuk happy peeps yang tidak membawa kendaraan, happy peeps bisa menggunakan jasa ojek atau menyewa motor. Tarif yang dikenakan untuk ojek berkisar 50.000, sedangkan motor bisa disewa dengan harga 100.000 rupiah.
 
 


LIKE US ON FACEBOOK

FIND US ON INSTAGRAM