Travel Tips and Guide

Lagu Traveling dan Nostalgia

by November 06, 2018

Lagu traveling yang dimaksud dalam artikel ini adalah lagu yang didengarkan secara sengaja atau tidak ketika kamu traveling, dan akan mengingatkanmu akan pengalaman itu meskipun jalan-jalan kamu sudah selesai. Entah kamu sadar atau nggak, peeps, lagu traveling tersebut ampuh menjadi alternatif pemicu nostalgia selain foto.

Saat tulisan ini dibuat, di Instagram ada 73,7juta penggunaan tagar #instatravel, 82,2juta #travelgram, dan 53,7 #traveling. Ini menunjukkan bahwa ada puluhan juta foto atau video yang berhubungan dengan traveling di Instagram, dan kebanyakan dari unggahan tersebut berisi momen-momen yang dialami atau tempat-tempat yang dikunjungi para pemilik akun.

Momen traveling bersama teman

Momen traveling bersama teman

Sejak zaman dahulu, berfoto sudah jadi aktivitas yang dilakukan orang untuk mengabadikan momen. Tapi di era ini, fotografi semakin berkembang sampai ke tahap semua orang bisa melakukannya. Hampir semua orang memiliki smartphone dan rata-rata dari smartphone itu sudah dilengkapi fitur kamera yang canggih. Ditambah lagi, orang bisa dengan mudahnya membagi hasil foto mereka ke media sosial.

Memang ya peeps, perkembangan teknologi itu sendiri kini memanjakan ekspresi visual kita.

Menurut data Digital Report 2018 yang dikeluarkan We Are Social dan Hootsuite, Facebook, Youtube, dan Instagram menjadi tiga media sosial yang memiliki pengguna aktif paling banyak (Instagram dengan 800juta pengguna aktif, Youtube dengan 1,5miliar pengguna, dan Facebook dengan 2,1miliar pengguna). Kamu bisa bayangkan sendiri deh, dari pengguna aktif sebanyak itu, ada berapa foto bertebaran di sana.

Selain dorongan untuk update dan membikin pencitraan di media sosial, ada faktor lain yang membuat fotografi masih jadi pilihan utama untuk orang-orang mengabadikan momen, khususnya momen traveling, yaitu karena foto memudahkan kita untuk bernostalgia.

Kamu pasti pernah, kan, iseng lihat-lihat foto di smartphone kamu dan saat tidak sengaja melihat satu foto liburan, ingatan kamu jadi kembali ke momen liburan itu? Kamu lalu jadi ingat lagi bagaimana suasana di sana, pemandangan apa yang paling kece, siapa teman kamu yang paling rusuh, berapa jam perjalanan, dan lain-lainnya. Pernah, kan?

Nah, nostalgia seperti itu ternyata tidak cuma bisa terpancing oleh foto loh, peeps! Lagu traveling juga bisa bikin kamu terkenang kembali momen traveling kamu!

Dalam ilmu psikologi, ada istilah ‘Reminiscence Bump’, di mana seseorang mengingat kembali pengalaman masa lalunya, biasanya pengalaman saat dirinya masih muda. Proses ini seperti mengelap kabut dari jendela supaya kamu bisa melihat ke dalam ruangan atau pemandangan yang ada di luar. Dalam hal ini, emosi memiliki peran penting untuk mempermudah proses nostalgia tersebut. Dan, musik adalah salah satu stimulus terbaik yang dapat membangkitkan emosi.

Lagu traveling bisa membangkitkan emosi dan memancing kenangan

Lagu traveling bisa membangkitkan emosi dan memancing kenangan

Makanya, peeps, jangan heran kalau tiba-tiba kamu jadi teringat momen traveling kamu akibat mendengarkan sebuah lagu traveling. Mungkin itu lagu traveling yang kamu dengarkan di perjalanan menuju tempat wisata? Atau lagu traveling yang kamu dan teman-teman kamu nyanyikan di salah satu hotel di Yogyakarta? Soundtrack kamu dan pasangan melihat sunset di Gili? Atau lagu traveling yang dipakai oleh teman kamu saat membuat travel vlog kalian?

Malah, peeps, nostalgia lewat lagu traveling lebih personal ketimbang lewat foto. Soalnya, ketika kamu mendengar musik, kamu bisa menafsirkan sendiri makna liriknya. Jadi, setiap orang akan punya makna beda-beda dari satu lagu traveling yang sama.

Ketika lagu traveling bikin kamu jadi bernostalgia

Ketika lagu traveling bikin kamu jadi bernostalgia

Bahkan, musik bisa menjadi bekal perjalanan, bukan sekadar bahan nostalgia. Beberapa orang sengaja membuat playlist untuk didengarkan sepanjang berlibur, atau di perjalanan menuju tempat berlibur. Beberapa lagu traveling dikumpulkan dengan tema tertentu yang berhubungan dengan momen traveling-mu, lalu voila!, perjalanan kamu ibarat film yang ada soundtrack-nya!

Kemudahan mengonsumsi lagu traveling dalam momen jalan-jalan tentu juga didukung dengan budaya mendengarkan musik kita yang semakin mobile. Berkat internet, kamu tidak perlu lagi membawa kaset, CD, atau pemutarnya untuk bisa mendengarkan lagu atau memulai sesi karaoke masal, cukup lewat handphone.

Kepraktisan ini sama saja dengan yang kita alami di dalam budaya fotografi masa kini. Hanya saja, karena musik tidak punya tampilan fisik senyata foto, kita cenderung tidak sadar bahwa lagu traveling punya pengaruh yang sama dengan fotografi dalam hal memancing nostalgia.

So, peeps, kamu punya lagu traveling yang mengingatkan kamu pada momen traveling-mu? Share yuk di kolom komentar!


LIKE US ON FACEBOOK

FIND US ON INSTAGRAM