Do and Eat

Berkeliling 8 Tempat Makan Legendaris di Malang

by October 11, 2018

Sebagai sebuah kota multikultural, kuliner di Malang terpengaruh berbagai budaya memasak dan rempah dari berbagai suku dan etnis di Indonesia. Keanekaragaman kuliner ini membuat Malang menjadi semakin kaya. Seolah tidak terpengaruh oleh waktu, beberapa tempat makan di Malang yang berdiri sejak puluhan tahun lalu bahkan sebelum Indonesia merdeka masih bertahan hingga sekarang. Bumbu rahasia dan kualitas yang terjaga membuat tempat makan ini selalu laris dan memiliki banyak penggemar. Jika berkunjung ke Malang, happy peeps juga harus mencoba makanan di 8 tempat makan legendaris ini.

1.    Es Krim Lezat dari Toko Oen (1930)

Toko Oen Malang - travelingyuk . com

Toko Oen Malang - travelingyuk . com

Toko yang satu ini akan membuat happy peeps merasa sedang melakukan time travel, dimana nuansa jadul yang memenuhi toko sangat berseberangan dengan suasana modern kekinian yang terlihat di jalan di depan toko. Toko oen adalah toko es krim legendaris yang ada di Malang, toko ini mulai beroperasi sejak 1930. Pemilik toko legendaris ini adalah seorang keturunan Cina-Belanda bernama, Liem Goe Nio. Toko es krim ini semula memiliki 4 cabang, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Malang dan Semarang, namun hanya toko Oen Malang dan Semarang yang tersisa dan masih beroperasi. Walau terkenal dengan es krimnya, toko oen tidak hanya menjual es krim, tapi juga berbagai menu lainnya seperti roti, burger, sandwich, dan masakan oriental. Harga yang dipatok untuk berbagai makanan di Toko Oen sangat bervariasi mulai dari 13.000 hingga 35.000 rupiah. Toko ini buka setiap hari dari jam 08.00 pagi hingga 21.30 malam.

2.    Kenikmatan Tahu Telur Khas Tahu Telur Lonceng (1900-an)

Tahu telur Lonceng - ksmtour . com

Tahu telur Lonceng - ksmtour . com

Jika berkunjung ke Malang tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan yang satu ini. Tahu telur adalah salah satu makanan khas Malang yang masih sangat mudah dijumpai. Berbeda dari penjual tahu telur lainnya, Tahu Telur Lonceng menggunakan bahan-bahan pelengkap tahu telur yang dibuat sendiri, seperti kecap, dan koya kelapa. Kedua bahan ini dibuat dengan resep turun-menurun, dari generasi pertama sejak tahun 1900-an hingga generasi ketiga saat ini. Penjual Tahu Telur Lonceng saat ini adalah bapak Buang Abdurrahim, dibantu oleh istri dan putranya. Tahu Telur Lonceng buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 22.00. Untuk harga satu porsi tahu telur di kedai ini dijual mulai dari 10.000 rupiah.

 3.    Putu Manis dan hangat dari Putu Lanang Celaket (1935)

Putu Lanang Celaket - kulinermlg . com

Putu Lanang Celaket - kulinermlg . com

Putu Lanang Celaket terletak di gang kecil di jalan Jaksa Agung Malang. Walau penjual putu di Malang sangat banyak, namun Putu Lanang Celaket tetap menjadi favorit warga Malang, dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke toko ini. Penggunaan bahan-bahan alami ditambah dengan aroma khas dari cetakan bambu membuat kue putu di toko ini terasa berbeda. Selain putu, toko ini juga menjual berbagai macam jajanan pasar lainnya seperi cenil, lupis, gemblong dan kelepon. Toko putu ini buka setiap hari dari jam 17.30 sore hingga 21.30 malam. Harga berbagai penganan di toko ini bervariasi mulai dari 10.000 rupiah.

4.    Kehangatan kuah Soto Geprak Mbah Djo (1935)

Soto Geprak Mbah Djo - blog . mamikos . com

Soto Geprak Mbah Djo - blog . mamikos . com

Nama geprak dari warung soto ini diambil dari teknik memasak yang dilakukan Mbah Djo, yaitu mengeprak atau menghancurkan daging sampai halus sebelum diolah menjadi soto. Walau terkenal dengan sotonya, warung yang didominasi warna hijau dan kuning ini juga menjual penganan lainnya seperti bakso, dan bebek goreng. Warung soto geprak mbah djo terletak di jalan Letjen S. Parman No.77-79 Malang. Satu porsi soto dan nasi di warung soto ini dijual mulai dari 10.000-20.000 rupiah.

5.    Manjakan Lidah di Warung Sate Gebug (1920)

Sate Gebug - saliha . id

Sate Gebug - saliha . id

Walau usianya sudah sangat tua, namun sate ini masih dicintai oleh banyak usia hingga saat ini. Warung ini terkenal dengan sate dagingnya yang memiliki tekstur sangat halus dan bumbu yang meresap hingga ke daging. Pembakaran sempurna membuat aroma dan rasa yang keluar dari lemak dan daging membuat sate ini semakin lezat. Untuk menemani sate daging ini happy peeps dapat memesan soto, rawon, atau sup. Warung sate yang terletak di jalan Basuki Rachmad atau Kayutayang ini buka dari jam 08.00 hingga 16.30 sore. Sate gebug sendiri dijual per tusuk dari harga 25.000 rupiah.

6.    Nasi Samin lezat di Rumah Makan Cairo (1952)

Rumah Makan Cairo - brilio . net

Rumah Makan Cairo - brilio . net

Rumah makan yang sudah berdiri sejak 1952 ini terletak di Kapten Piere Tandean, Kasin, Malang. Berbagai menu makanan siap menggoyang lidah happy peeps di sini, mulai dari sate kambing, gule kambing, tongseng, gule kikil, nasi samin, hingga nasi goreng kambing tersedia di sini. Untuk camilan setelah makan berat, happy peeps bisa memilih martabak cairo atau roti Maryam. Harga yang ditawarkan untuk setiap menunya bervariasi mulai dari 17.000- 40.000 rupiah. Rumah makan cairo buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam lho, jadi happy peeps bisa menikmati gule kikil dan tongseng untuk sarapan pagi.

7.    Hitam Lezat Nikmat Rawon di Depot Rawon Nguling (1942)

Depot Rawon Nguling - malang . merdeka . com

Depot Rawon Nguling - malang . merdeka . com

Rawon adalah salah satu makanan khas jawa timur yang memiliki cita rasa unik. Keunikan rasa pada rawon didapatkan dari rempah-rampah seperti ketumbar, kunyit, jahe, cabai, lengkuas, asam jawa dan yang tak boleh tertinggal adalah biji keluak. Warna kecoklatan gelap pada rawon dihasilkan dari isi biji keluak. Di Malang terdapat satu tempat makan Rawon yang sangat legendaris karena rasa lezatnya yang tidak berubah hingga sekarang, yaitu depot Rawon Nguling. Depot rawon ini telah berdiri sejak 1942, dan memiliki banyak penggemar hingga sekarang. Satu porsi rawon di depot Rawon Nguling dijual dengan harga 27.000 rupiah. Selain menjual rawon, depot ini juga menjual berbagai macam lauk pendamping seperti tempe mendol, perkedel, pepes tahu, dan empal. Depot ini buka setiap hari mulai jam 07.00 pagi hingga 15.30 sore.

8.    Rela Antri demi Sego Resek (1959)

Sego Resek - malang . merdeka . com

Sego Resek - malang . merdeka . com

Tempat makan yang memiliki nama unik ini terletak di Jalan Brigjen Katamso No. 4 Malang. Resek sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti sampah, karena tempat makan kaki lima ini dulu, berada tidak jauh dari tempat sampah. Walau demikian penggemar tempat makan ini sangatlah banyak dan rela antri demi mendapatkan nasi goreng yang dijual di sini. Untuk mempertahankan rasa, pedagang hingga saat ini masih menggunakan tungku arang untuk memasak nasi goreng, yang tidak sepenuhnya digoreng ini. Nasi goreng di sego kesek dimasak dengan kaldu ayam untuk menggantikan minyak. Selain itu, proses memasak nasi goreng dalam jumlah sangat besar dalam sekali masak dapat menjadi pemandangan unik tersendiri bagi pembeli. Sego Resek buka dari jam 17.30 hingga 22.00 setiap harinya, dan harga yang dipatok untuk satu porsi nasi goreng sangatlah terjangkau yaitu mulai dari 8.000-11.000 rupiah. 


LIKE US ON FACEBOOK

FIND US ON INSTAGRAM