Do and Eat

9 Kuliner Manado yang Memanjakan Lidah

by October 09, 2018

Wisata kuliner saat berkunjung ke Manado adalah wajib hukumnya. Berbagai sajian khas Manado terkenal dengan kelezatannya. Rasa pedas, gurih, asin, dan segar adalah rasa yang sering dijumpai di makanan khas Manado. Jika berkunjung ke Manado, happy peeps jangan sampai melewatkan 9 kuliner ini ya!

1.    Bubur Manado (Tinutuan)

Bubur Manado (Tinutuan) - resepkoko . id

Bubur Manado (Tinutuan) - resepkoko . id

Tinutuan adalah kuliner khas manado yang terbuat dari sedikit beras, singkong, jagung dan labu kuning. Kuliner yang satu ini semakin lengkap dengan berbagai sayuran hijau yang dimasukkan ke dalamnya. Sayuran hijau yang digunakan adalah kangkung, bayam, daun kemangi, dan daun gedi. Daun gedi adalah sayur khas Sulawesi Utara, dan cukup sulit ditemukan di luar daerah tersebut. Bagi masyarakat Manado, Tinutuan tidak akan pernah lengkap tanpa sayur gedi.  Kuliner ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan di pagi hari dalam keadaaan hangat.

2.    Sup Brenebon

Sup Brenebon - goodindonesianfood . com

Sup Brenebon - goodindonesianfood . com

Brenebon adalah sebutan kacang merah bagi masyarakat Manado. Happy peeps tidak boleh melewatkan lezatnya sup yang satu ini saat berkunjung ke Manado. Sup brenebon biasanya menggunakan iga sapi dan kacang merah sebagai bahan utama. Rempah-rempah seperti cengkeh, pala, dan kayu manis membuat rasa dan aroma dari sup ini sangatlah khas dan menggugah selera. Sup brenebon akan semakin lezat jika disantap bersama nasi hangat dan sambal.

 3.    Ikan Marlin Woku

Ikan Marlin Woku - resepkoki . id

Ikan Marlin Woku - resepkoki . id

Woku adalah salah satu bumbu masakan khas Manado yang kaya dengan rasa karena terbuat dari campuran berbagai macam rempah. Rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu woku antara lain adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, lada, serai, daun kunyit, kunyit, daun jeruk dan rempah-rempah lainnya. Untuk sajian ikan marlin woku, bahan utama dari masakan adalah ikan marlin yang kemudian dimasak dengan bumbu woku. Perpaduan antara ikan marlin dan bumbu woku mampu menghasilkan rasa gurih, pedas, asin dan segar. Kuliner yang dimasak dengan bumbu woku saat ini sudah sangat beragam seperti ikan, kepiting, telur ikan dan berbagai seafood lainnya, walau semula bumbu woku kerap dimasak dengan ayam.

4.    Daging Tore

Daging Tore - flohomerecipes . wordpress . com

Daging Tore - flohomerecipes . wordpress . com

Daging tore adalah makanan yang sangat mudah ditemukan di Manado dan disajikan di banyak kesempatan dan acara. Bahan utama makanan ini adalah daging babi, namun saat ini sudah banyak restoran halal khas masakan Manado yang membuat daging tore menggunakan daging sapi. Tore sendiri memiliki arti garing dalam bahasa Manado. Daging yang digunakan untuk membuat olahan daging tore biasanya dipilih yang memiliki lapisan lemak. Setelah direbus, daging kemudian direndam dengan cuka, bawang putih dan garam, lalu digoreng di minyak panas. Proses inilah yang membuat daging terasa garing. Daging kemudian dicampur dengan bumbu halus pedas yang membuat cita rasa daging tore pedas, asin, dan garing.

5.    Cakalang Fufu

Cakalang Fufu - katalogwisata . com

Cakalang Fufu - katalogwisata . com

Cakalang fufu adalah olahan ikan cakalang yang dimasak dengan cara diasap. Ikan cakalang yang telah dibersihkan dari sisik dan jeroannya, kemudian diberi rangka bambu lalu diasap. Proses pengasapan ikan cakalang ini memakan waktu hingga 4 jam dan 2 jam untuk proses pendinginan. Setelah selesai proses pengasapan, ikan cakalang ini kemudian dimasak kembali dengan cara digoreng. Cakalang fufu yang telah siap biasa disantap dengan sambal dabu-dabu dan nasi hangat.

6.    Sambal Dabu-dabu

Sambal Dabu-dabu - blogunik . com

Sambal Dabu-dabu - blogunik . com

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang sangat nikmat jika disantap bersama ikan cakalang fufu. Sambal dabu-dabu terbuat dari tomat merah, tomat hijau, cabai rawit, bawang merah, garam, lada putih, jeruk nipis dan minyak sayur. Seluruh bahan kemudian dipotong kecil-kecil, lalu diberi air perasan jeruk nipis dan disiram dengan minyak panas. Sambal ini memiliki rasa yang kaya yaitu pedas, asam, asin, dan segar, sangat cocok disantap di siang hari.

7.    Sambal Roa

Sambal Roa - omiyago . com

Sambal Roa - omiyago . com

Sambal khas Manado lainnya adalah sambal roa. Sambal yang satu ini menggunakan ikan roa sebagai bahan dasarnya. Ikan roa kering yang telah digoreng hingga matang kemudian dimasak bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe dan rawit merah. Ditambahkan pula daun jeruk dan sereh untuk menambah aroma dan rasa. Sambal roa saat ini banyak dijual di dalam kemasan sebagai oleh-oleh khas Manado. 

8.    Es Brenebon

Es Brenebon - resephidanganibu . blogspot . com

Es Brenebon - resephidanganibu . blogspot . com

Kuliner khas Manado yang juga menggunakan brenebon adalah es brenebon. Es kacang merah ini cukup mudah ditemukan di banyak tempat makan di Manado. Es brenebon pada umumnya memiliki warna kecoklatan yang berasal dari gula aren, susu kental manis dan warna kacang merah itu sendiri. Es brenebon biasa disajikan dengan es serut halus yang menambah nikmat minuman ini saat disantap di siang hari.

9.    Gohu

Gohu - indonesiatravellingguide . com

Gohu - indonesiatravellingguide . com

Jika di Bogor ada asinan Bogor, dan di Jakarta ada asinan Betawi maka di Manado ada Gohu. Gohu adalah asinan khas Manado. Buah yang biasa dipakai untuk membuat gohu adalah papaya dan nanas yang masih mengkal. Sedangkan untuk kuahnya dibuat menggunakan cabai merah, jahe, gula pasir, garam dan terasi matang. Memiliki sedikit rasa yang berbeda dari asinan Bogor dan Betawi, namun gohu tetap terasa segar untuk dinikmati.
 


LIKE US ON FACEBOOK

FIND US ON INSTAGRAM