Go and Stay

8 Tempat wisata hits dan edukatif di Solo

by October 03, 2018

Sudahkah kamu memutuskan tujuan berliburmu kali ini happy peeps? Bagaimana dengan Solo? Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang dapat happy peeps kunjungi selama berada di sana. Bukan hanya sebagai tempat tujuan berlibur, tempat wisata di Solo juga menambah pengetahuan happy peeps tentang berbagai hal seprti batik, dan satwa. Inilah 8 tempat wisata hits dan edukatif di Solo.

1.    Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara - instanbooking . id

Museum Keris Nusantara - instanbooking . id

Museum ini terletak di Jalan Bayangkara No. 2 Sriwedari Laweyan Surakarta, di bangunan eks rumah sakit jiwa Mangunjaya dan menyatu dengan ruang terbuka hijau Stadion R. Maladi Sriwedari. Bangunan dari museum Keris Nusantara terdiri dari lima lantai. Lantai dasar digunakan sebagai tempat parkir kendaraan pengunjung. Sedangkan lantai satu digunakan untuk menyimpan dan menampilkan pamor keris yang terbuat dari berbagai bahan. Di lantai satu ini juga terdapat ruang audio visual dimana happy peeps dapat menonton sejarah awal keris di Indonesia. Selanjutnya di lantai dua terdapat koleksi keris lengkap dengan deskripsinya, di lantai tiga ditampilkan berbagai diorama yang menceritakan proses pembuatan keris, di lantai empat terdapat koleksi keris masterpiece, dan di lantai lima terdapat koleksi keris, gamelan dan dioramanya. Museum ini sangat cocok dikunjungi jika happy peeps berlibur bersama keluarga, karena dapat digunakan untuk menambah pengetahuan anak tentang benda seni Indonesia. Buka setiap hari Selasa hingga Minggu, harga tiket masuk museum ini cukup murah yaitu berkisar 5.000 – 20.000 rupiah.

2.    Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg - ardian nugroho . com

Benteng Vastenburg - ardian nugroho . com

Benteng ini dibangun sebagai bentuk pertahanan Belanda dari penguasa Surakarta saat itu, khususnya Keraton Surakarta. Gedung ini berada di seberang kediaman gubernur Belanda yang kini telah beralih fungsi menjadi balai kota Surakarta. Benteng ini bisa dikunjungi hampir sepanjang waktu dan untuk memasukinya, happy peeps tidak perlu membayar atau gratis. Happy cukup membayar biaya parkir, namun di saat terdapat acara tertentu happy peeps mungkin akan dikenakan biaya tambahan. Acara-acara yang diadakan di benteng ini sangat beragam, seperti pagelaran teater, Solo International Performing Arts (SIPA), perayaan Hari Anak Nasional, dan acara lainnya.

3.    Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi - wartaeq . com

Museum Batik Danar Hadi - wartaeq . com

Museum ini terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, tepatnya di dalam kompleks Dalem Wuryanigratan yaitu eks tempat tinggal keluarga K.R.M.H Wuryaningrat. Danar Hadi adalah merek dagang batik yang dibangun oleh Santosa Doellah sejak tahun 1967, dengan nama ini pulalah Bapak Santosa Doellah membangun sebuah museum batik. Museum ini didirikan atas keprihatinan Bapak Santosa Doellah terhadap minimnya apresiasi masyarakat khususnya generasi muda terhadap batik. Berbagai macam batik tersedia di sini, mulai dari Batik Belanda, Batik Djawa Hokokai, Batik Cina, Batik Pengaruh India, Batik Kraton, Batik Pengaruh Kraton, Batik Sudagaran, Batik Indonesia, dan Batik Danar Hadi. Semua batik yang dipajang di museum ini adalah koleksi dari Bapak Santosa Doellah yang kemudian disimpan dalam 11 ruang koleksi. Harga tiket masuk museum ini cukup murah yaitu sekitar 15.000 – 35.000 rupiah.

4.    Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran - nusantaranews . co

Pura Mangkunegaran - nusantaranews . co

Istana ini dibangun sejak tahun 1757 sebagai istana pangeran Sambernyawa. Istana ini dibangun setelah penandatangan Perjanjian Salatiga. Pada tahun 1866 didirikanlah pondopo di istana ini oleh Mangkunegaran IV. Bagian-bagian istana ini hingga kini masih kokoh berdiri dengan arsitektur campuran Jawa-Eropa. Di istana ini pulalah terdapat Pendopo Ageng yaitu pendopo terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 3.500 meter persegi dan dapat menapung lima sampai sepuluh ribu orang. Banyak hal yang dapat happy peeps lihat saat berkunjung ke sini, mulai dari museum dimana diletakkan berbagai barang peninggalan kerajaan seperti Petaten atau tempat bersemayamnya Dewi Sri yang dilapisi dengan sutra, senjata-senjata, pakaian, uang logam, medali, perlengkapan wayang dan masih banyak lainnya. Semula ruang yang saat ini menjadi museum berfungsi sebagai Dalem Ageng atau ruang tidur pengantin kerjaan yang memiliki luas hampir 1.000 meter persegi. Untuk memasuki dan berkeliling di area istana ini, happy peeps harus membayar biaya masuk yang cukup murah yaitu berkisar 10.000 – 20.000 rupiah per orang.

 5.    Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas Jebres - yesimple . blogspot . com

Taman Cerdas Jebres - yesimple . blogspot . com

Taman ini berada di Kawasan Kenting, Kelurahan Jebres, dan sesuai dengan nama yang diberikan, taman ini bukan hanya berisi permainan namun juga berbagai sarana edukasi. Taman yang memiliki luas 3.000 meter persegi ini dibagi ke dalam enam bagian yaitu gedung utama yang berfungsi sebagai perpusatakaana, gedung serba guna. Gedung oranye yaitu tempat anak berkreasi, gedung edukasi tempat radio Konata, area bermain, dan panggung terbuka. Happy peeps tidak perlu membayar tiket masuk ke taman ini, dan taman ini buka setiap hari selama 24 jam.

6.    Pandawa Water World

Pandawa Water World - rplfitria . wordpress . com

Pandawa Water World - rplfitria . wordpress . com

Jika happy peeps dan keluarga berencana untuk bermain air saat berlibur di Solo, maka Pandawa Water World adalah pilihan yang tepat. Di tempat rekreasi ini terdapat 27 wahana berbeda yang dapat happy peeps coba, yaitu Fantastic Slide, Action River, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, dan lainnya. Pandawa Water World buka setiap hari Senin – Jumat jam 12.00 – 18.00 dan Sabtu-Minggu dari 08.00 pagi hingga 18.00 sore. Untuk masuk ke tempat rekreasi ini, happy peeps harus membayar 80.000 rupiah untuk weekdays, dan 100.000 rupiah untuk weekend.

7.    Pasar Burung Depok

Pasar Burung Depok - kokosten . com

Pasar Burung Depok - kokosten . com

Pasar yang satu ini menjual berbagai macam binatang peliharaan, seperti burung, ikan, kelinci, hamster, kucing dan hewan peliharaan lainnya. Pasar Burung Depok adalah tempat yang wajib dikunjungi jika happy peeps ingin mencari binatang peliharaan, khususnya burung. Tersedia berbagai jenis burung di pasar ini mulai dari lovebird, cucak rowo, kenari, pleci, dan banyak lagi burung jenis lainnya. Pasar ini telah berdiri selama 35 tahun dan merupakan pasar burung terbesar di Jawa Tengah.

8.    Pasar Klewer

Pasar Klewer - situsbudaya . id

Pasar Klewer - situsbudaya . id

Jika ingin berbelanja batik di Solo, maka Pasar Klewer adalah tempatnya. Di sini berbagai macam jenis batik diperdagangkan untuk kemudian dipakai sendiri, sebagai oleh-oleh atau dijual kembali. Pasar ini menampung setidaknya 2.000 kios yang di dalamnya terdapat lebih dari 1.600 pedagang. Semula pasar ini adalah tempat perhentian kereta api yang digunakan oleh pedagang pribumi untuk berdagang. Salah satu komoditi yang dijual adalah batik. Untuk menjajakannya para pedagang menaruh batik-batik ini di bahu mereka hingga bagian bawah batik menjuntai atau berkleweran dalam bahasa Jawa. Maka pasar ini kemudian disebut dengan nama pasar Klewer.  
 


LIKE US ON FACEBOOK

FIND US ON INSTAGRAM